Sejarah Desa

Secara singkat, Desa Tridonorejo terbentuk dari tiga (Tri) desa kecil yang pada akhirnya ketiga desa kecil tersebut menjadi 3 dukuh. Sejarah berdiri serta penamaan desa Tridonorejo secara etimologi tidak dilatar belakangi oleh cerita atau suatu kejadian sebagaimana lazimnya kita temui nama-nama tempat atau daerah lain di Indonesia.

sejarah Tridonorejo 1

Sejarah Berdirinya Desa Tridonorejo

Pada jaman penjajahan belanda dahulu Sebelum terbentuknya Desa Tridonorejo, ada Desa Desa kecil yang jumlahnya 3 yaitu : Desa Kripik, Desa Kaligawe, Desa Bener/Karangsono.

Pada waktu itu oleh belanda mengingat belanda pada waktu itu menguasai daerah ini sehingga peraturan peraturan harus tunduk pada aturan belanda.

Oleh belanda pada awal tahun 1934 desa-desa kecil yang jumlahnya 3 tadi dijadikan menjadi 1 Desa dan dinamakan Desa Tridonorejo yang dilurahi oleh Bapak Muntasir dan diberikan bengkok dari bekas desa-desa kecil tadi.

sejarah Tridonorejo 3

Dengan demikian, tanah bengkok tersebar di beberapa dukuh yaitu di dukuh Kripik, Kaligawe, adapula yang di dukuh Bener dan Karangsono. sedangkan Desa Desa kecil tadi berubah menjadi perdukuhan.

Selama kepemimpinan Lurah Muntasir, sering terjadi pergolaan yang mana desa Tridonorejo dan Bonang pada umumnya dikuasai belanda sedangkan Kecamatan Wedung dikuasai oleh Kaum Pribumi alias RI.

Atas dasar tersebut barangkali oleh belanda lurah Muntasir dianggap pro pribumi akhirnya dengan jabatan yang baru berumur kurang lebih 3 tahun oleh belanda lurah muntasir diberhentikan dari jabatanya.

Pemilihan Lurah Secara Demokratis Pertama Kali

Pada tahun kurang lebih akhir tahun 1937 diadakan pemilihan lurah Desa dengan pemilihan secara langsung oleh masyarakat Desa.

Dalam pemilihan tersebut dimenangkan oleh Bapak Taifur dan menerima Beselit/diangkat tahun 1938 dan menjabat sampai tahun 1981.

Karena Kena Peraturan terkait dengan masa jabatan Kepala Desa, selanjutnya jabatan Kepala Desa dijabat oleh YMT A. Yahya sampai 1983 dan diadakan Pimilihan Kepala Desa tahun 1984.

Pada pemilihan kepala desa tersebut dimenangkan oleh Bapak Achmad Kamil, seorang TNI AD asli Putra Desa sampai berakhirnya masa jabatan 8 tahun.

Selanjutnya Bapak Achmad Kamil mencalonkan diri kembali, dan memenangkan jabatan Kepala Desa untuk yang kedua kalinya. Namun ditengah tengah perjalanannya, negara terjadi aksi demontrasi untuk menuntut reformasi yang berimbas sampai ke desa-desa.

sejarah Tridonorejo 4

Dengan dasar “pokoke”, terpaksa Bapak Achmad Kamil Mengundurkan diri tepatnya tahun 1999, atas kekosongan jabatan Kepala Desa diisi YMT Machmud sampai akhir tahun 2003.

Selanjutnya diadakan pemilihan Kepala Desa tahun 2004 dan dimenangkan oleh Bapak Abdullah Nasir. Ha.

Pada saat akhir jabatan 5 tahun, ada perubahan peraturan yang menjadikan pemahaman/penafsiran yang berbeda sehingga sampai ke Ranah Pengadilan Tata Usaha (PTUN).

Dalam proses pengadilan Bupati Tahta Zani memperhentikan Abdullah Nasir. Ha dari Jabatan Kepala Desa Tridonorejo Dan diadakan Pemilihan Kepala Desa.

Dalam Pemilihan Kepala Desa Keputusan PTUN dimenangkan oleh Bupati Demak. Dan Pemilihan Kepala Desa dimenangkan Oleh Muhammad Miftahul Huda yang dilantik tanggal : 08 Desember 2009 dan menjabat sampai Bulan Juni 2016.

Selanjutnya dijabat oleh PJ. Kepala Desa Sutomo, S.Sos dari Kecamatan Bonang Sampai 30 September 2017 dikarenakan adanya kekosongan kepemimpinan desa Tridonorejo.

sejarah Tridonorejo 2

Tridonorejo Kini

Saat ini desa Tridonorejo dipimpin oleh Bapak Syeni Kalistyo setelah memenangkan pemilihan kepala desa yang bertarung dengan mantan kepala desa sebelumnya yaitu Bapak Miftahul Huda.

Beliau dilantik pada 1 Oktober 2017 sebagai Kepala Desa Tridonorejo oleh Bupati Demak H. Natsir.

Pada 3 tahun terakhir ini, desa Tridonorejo menjadi lebih tertata dan teratur dengan beberapa program-program yang dicanangkan oleh kepala desa dan bersinergi dengan program-program pemerintah daerah maupun pusat.

Dengan pengelolaan dana desa dan PAD yang lebih transparan serta tepat sasaran, didukung perangkat desa yang satu visi dan capable, diharapkan desa Tridonorejo dapat menyusul dan bersaing dengan desa-desa yang ada di kecamatan Bonang.