Sosialisasi Pencairan BPNT Tahun 2019 Desa Tridonorejo.

Pencairan BPNT

Tridonorejo – Sebagai sosialisasi pencairan BPNT di desa Tridonorejo, Pemerintah desa mengadakan sosialisasi tentang pencairan BPNT kepada seluruh warga penerima bantuan Tridonorejo.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Pencairan BPNT

Dikarenakan banyaknya undangan dan tempat pertemuan yang terbatas, maka sosialisasi tersebut dibagi ke dalam 3 (tiga) kelompok yang diadakan pada hari Rabu, Jum’at dan Sabtu (30 Oktober, 1 dan 2 November 2019).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Tridonorejo Syeni Kalistyo juga menyampaikan beberapa hal terkait program-program yang sedang dan akan dilaksanakan oleh pemerintah Desa.

Pencairan BPNT

Diantara program-program tersebut adalah rencana pembuatan dan pengembangan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang diharapkan bisa mendorong perekonomian warga Tridonorejo. Seperti misalnya pengelolaan sampah agar memberikan hasil guna dan bisa menjadi sumber pendapatan kedepannya.

Pada pelaksanaanya nanti, hasil keuntungan dari BUMDes akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk lain. Misalnya pengembalian dalam bentuk KAS RT dan RW sehingga bisa digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan atau operasional pengurus RT RW.

Pencairan BPNT

Dalam sosialisasi tersebut Kepala Desa juga menyampaikan kepada warga untuk “membelanjakan” bantuan Pangan Non Tunai tersebut kepada e-warong yang telah disetujui oleh pemerintah desa. Karena beberapa kejadian warga yang justru membelanjakan bantuannya ke desa lain.

Warga menyambut antusias terhadap rencana pemerintah Desa untuk mendirikan BUMDes yang telah disampaikan di atas. Dan mengaku siap untuk “nyengkuyung” Bada Usaha Milik Desa tersebut.
(ags/Pemdes Tridonorejo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply