Deklarasi Desa ODF, Satu Langkah Menuju Tridonorejo Bebas BABS

Tridonorejo Desa ODF

Menurut data UNICEF, masih ada 51 juta masyarakat Indonesia yang melakukan buang air besar sembarangan dan memberi sumbangsih besar terhadap penyebaran penyakit Diare di Indonesia.

Sedikitnya ada 31% balita usia 1-12 bulan di Indonesia meninggal akibat diare, sedikitnya ada ribuan anak yang meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan oleh sanitasi yang kurang sehat ini.

Tridonorejo Pionir ODF Kecamatan Bonang

Untuk mengurangi semakin meluasnya angka pencemaran lingkungan dan akibat yang ditimbulkan dari kebiasaan buang air besar sembarangan, Desa Tridonorejo dan beberapa desa di Kecamatan Bonang mendeklarasikan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free).

Sebelum deklarasi ini di laksanakan, Sebelumnya telah dilakukan verifikasi ODF pada januari 2019 oleh Tim Verifikator Kabupaten, dengan cara mengunjungi langsung Rumah warga, melakukan wawancara serta meninjau lokasi jamban.

Kegiatan tersebut yang diprakarsai Dinas Kesehatan Kabupaten Demak yang bekerjasama dengan Puskesmas Bonang 1 dan Puskesmas Bonang 2. Dilaksanakan di Gedung Pertemuan Desa Tridonorejo pada tanggal 4 November 2019.

Deklarasi Desa ODF (Open Defecation Free) menjadi penanda perubahan perilaku dan komitmen warga desa Tridonorejo untuk tidak melakukan pencemaran lingkungan melalui kebiasaan buang air besar sembarangan.

Kepala Desa Tridonorejo, Syeni Kalistyo menyampaikan bahwa saat ini warga Tridonorejo telah bebas BABS dan 100% menggunakan Jamban sehat. Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah desa telah mengupayakan berbagai bantuan jamban sehat, baik dari Pemdes, dinas kesehatan, dinas sosial maupun CSR dari beberapa perusahaan BUMN.

Pengertian BABS

Perilaku buang air besar sembarangan (BABS/Open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/Open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran atau tinja di ladang, hutan, semak – semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Apa Itu Open Defecation Free (ODF)

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini. Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas. Sedangkan Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) adalah Desa/kelurahan yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat, yaitu mencapai perubahan perilaku kolektif terkait Pilar 1 dari 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Sementara camat Bonang menyampaikan kebanggaannya kepada Desa Tridonorejo dan beberapa desa lainnya serta berharap dapat disusul oleh desa-desa lainnya supaya kecamatan Bonang dapat mensukseskan salah satu Misi Kabupaten Demak yaitu bebas BABS atau lebih familiar di masyarakat demak yaitu “Bebas Ngising Sembarangan”.

Penyerahan Bantuan Material Jamban Sehat

(ags/Pemdes Tridonorejo)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply